5 Manfaat Kesehatan dari Buah Jeruk Bali (Pomelo)

Manfaat Kesehatan dari Buah Jeruk Bali (Pomelo), siapa sih yang tidak kenal jeruk bali? Ternyata jeruk bali atau dalam bahasa Inggris disebut buah Pomelo dan dalam bahasa Ilmiahnya adalah Citrus grandis, C. maxima ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Meskipun biasa disebut Jeruk Bali tetapi sebenarnya jeruk ini bukan berasal dari pulau Dewata Bali melainkan jeruk ini tumbuh subur didaerah Asia Tenggara.

Manfaat Kesehatan dari Buah Jeruk Bali (Pomelo)

Jeruk Bali merupakan buah yang cukup populer dikalangan warga Indonesia. Daging buah yang segar dan banyak mengandung air ini bisa langsung dimakan setalah buah dikupas dan apabila dimakan langsung secara rutin, kandungan vitamin A serta zat kalium dalam buah ini dapat menyeimbangkan elektrolit pada tubuh Anda. Tetapi tidak hanya itu banyak lagi manfaat yang ada pada buah pomelo ini.

5 Manfaat Kesehatan dari Buah Jeruk Bali (Pomelo)

Pada artikel ini saya akan menjelasakan 5 (lima) manfaat saja dari sekian banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat pada buah pomelo ini. Artikel ini sangat saya sarankan untuk Anda baca apalagi Anda seorang perempuan karena lebih mengarah pada kesehatan dan kecantikan yang antara lain sebagai berikut.

1. Melembabkan Kulit Tubuh

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit halus dan lembut, semua orang pasti ingin memilikinya namun karena banyaknya hal yang menjadikan kulit kering seperti teriknya sinar matahari juga karena kurangnya asupan air. Selain itu dampak dari sinar matahari akan membuat kulit Anda terdapat kerutan dan kehilangan elastisitas pada kulit yang menjadikan penuaan dini pada kulit juga rusaknya sel kulit. Tapi tenang, ternyata buah jeruk bali bisa membuat kulit Anda menjadi lembab kembali karena adanya kandungan asam amino.

Baca juga "Melembabkan Kulit Tubuh Dengan Jeruk Bali"

Maka dari itu karena banyaknya kandungan Asam Amino serta vitamin C yang tinggi dalam jeruk bali ini menjadikan para ahli kecantikan kulit memakai buah tersebut sebagai bahan perawatan kulit. Jeruk bali juga mengandung spermadine yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda, zat spermadien sendiri merupakan suatu zat yang mampu melindungi sel kulit dari proses penuaan serta kerusakan kulit. Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah ini secara langsung juga akan memberikan nutrisi pada kulit Anda dari dalam.

2. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Jeruk bali memang tidak semanis jeruk lainnya tetapi nutrisi dalam jeruk bali ternyata sangat bagus untuk ibu hamil. Anda tahu sendiri seorang ibu hamil sangat penting untuk menjaga nutrisi serta asupan gizi lainnya untuk kesehatannya serta kandungannya. Ada beberapa zat yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain asam folat, zat besi, dan berbagai vitamin lainnya serta mineral. Maka dari itulah seorang ibu hamil bagus untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti yang terkandung pada buah jeruk bali ini.

Asam folat merupakan zat yang dibutuhkan oleh janin dalam pembentukan tubuh dan perkembangan otak. Tingginya kandungan asam folat pada buah pomelo menjadikan buah ini besar khasiatnya untuk ibu hamil.

Baca juga "Nutrisi Untuk Ibu Hamil dari Buah Jeruk Bali"

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebenarnya kolesterol juga diperlukan oleh tubuh untuk membangun dinding sel dan juga berperan dalam pembuatan hormon, karena kolesterol merupakan sebuah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang dapat ditemukan dalam membran sel.

Namun akan menjadi masalah juga apabila kadar kolesterol melebihi kadar batas normal dan akan berdampak pada penyakit kronis. Tingkat kolesterol pada tubuh akan meningkat apabila Anda tidak memerhatikan asupan makan yang dikonsumsi setiap hari dan tidak teratur akan makan makanan yang berkadar kolesterol tinggi seperti daging-dagingan. Untuk menghindari hal tersebut, maka batasilah makan-makanan yang berkadar kolesterol pada tubuh Anda dan jangan lupakan olahraga secara teratur.

Nah ternyata buah jeruk bali mempunyai kandungan pektin yang bagus untuk menurunkan kadar koleterol Anda. Jeruk bali mengandung pektin yang lebih banyak daripada jeruk lain sehingga dengan itulah jeruk bali bisa untuk menurunkan kadar kolestrol Anda yang sedang tidak normal (tinggi), dan dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Pektin yang terkadung dalam buah pomelo bermanfaat untuk mengurangi kolesterol buruk, dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah Anda.

Baca juga "Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Jeruk Bali"

4. Mengobati Sariawan

Dengan banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pomelo, sudah tentu buah ini bisa mengobati sariawan. Ternyata dalam 100 gram jeruk bali mengandung 350 microgram vitamin c dan inilah yaang menjadi alasan jeruk bali bisa mengobati sariawan. Jeruk bali juga memiliki banyak kandungan air sehingga dapat menyegarkan dan mendinginkan tubuh Anda dan juga cocok untuk dijadikan pencuci mulut.

5. Kulit Buah Pomelo Bisa untuk mengusir nyamuk

Benar ternyata kulit dari buah jeruk bali ini bisa untuk mengusir nyamuk karena wangi khasnya. Mudah saja dengan hanya menggosokkan kulit buah jeruk bali pada kulit Anda sehingga tercium aroma khasnya tersebut maka nyamuk pun tidak akan menggigit Anda ataupun mendekati Anda. Itu terjadi karena nyamuk tidak suka akan aroma khas citrus yang dikeluarkan oleh kulit buah jeruk bali tersebut. Maka dari itu apabila membeli jeruk bali jangan langsung membuang kulitnya karena masih bisa bermanfaat untuk digunakan.

Artikel Terkait

5 Manfaat Kesehatan dari Buah Jeruk Bali (Pomelo)
4/ 5
Oleh
Dapatkan Update Artikel via Email!
emoticon
Dapatkan update setiap artikel terbaru Resep Sehatku otomatis dikirim ke email dengan memasukan email Anda disini!!
Delivered by Feedburner

No Comment

Berikan komentar relevan dengan bahasa yang Sehat.